In this case universitas favorite incaran gue adalah UI. Karena gue bukan anak yang pinter-pinter banget atau anak yang kalo gabut terus belajar, menurut gue untuk masuk UI itu susah banget dan penuh penderitaan. Banyak banget yang harus dikorbanin, tapi setelah lo keterima dan sah jadi mahasiswa kampus favorite lo, semuanya terbayar, trust me it's worth it. Di sini gue mau share aja cara-cara yang gue lakuin sebagai anak lulusan SMA dengan nilai Ekonomi UN 6 dan kapasitas otak layaknya komputer pentium 1. Oke gue share aja ya
- Cari banyak informasi tentang jalur apa aja buat masuk universitas yang lo incer. Ada SNMPTN, SBMPTN, UM, seleksi prestasi, atau lainya. Biasanya sih tiap-tiap universitas punya kebijakan sendiri buat menentukan jalur apa aja yang mereka buka. Kaya UI misalnya, dia buka jalur PPKB (yang kalo setau gue) buat seleksi rapot SMA anak-anak yang mau masuk UI kelas paralel dan jenjang vokasi. Jangan sampe lo nglewatin satu jalur aja hanya karena lo gatau, soalnya sayang banget ituuuu :(
- Jangan berharap banyak sama SNMPTN, karena kalo lo anak biasa-biasa aja it's almost impossible buat dapet SNMPTN, apalagi kalo lo gadisukain guru-guru beeuh nilai mah bisa dimanipulasi banget banget men (pengalaman ya dulu gue sempet ada masalah sama guru Bahasa Inggris gue, terus nilai gue di rapot dijeblokin padahal jaman SMA nilai bahasa Inggis gue selalu diatas 8, dan pas gue minta transkrip nilai doi cuma bisa cengo), jadi jangan lega kalo udah daftar SNMPTN. Harus tetep berdoa dan belajar buat ujian masuk kuliah
- Karena di jaman gua SMA itu nilai UN udah ga ada pengaruhnya untuk kelulusan jadi gue punya mindset "UN ga penting", jadi gue fokuskan untuk belajar buat ujian masuk universitas yang emang udah gue incer. Jadinya lo punya banyak waktu dan lebih siap sama soal-soal SBMPTN dan kawan-kawan-nya itu. Toh juga selama ini gue kuliah gapernah loh ditanya "Nilai UN lo berapa?" which means UN itu gausah dikejar banget deh (INI MENURUT GUE AJA SIH YA).
- Tau diri. Kenali kemampuan lo, apakah lo pinter, sedeng, atau di bawah rata-rata. Kalo ada guru lo atau nyokap bokap lo bilang sesuatu yang mengindikasikan bahwa lo gak mampu karena lo bukan orang pinter, jangan baper berarti itu suatu wakeup call buat lo biar tau diri "Ohh gue bego, berarti kalo gue mau ambil jurusan ini di kampus ini, gue harus belajar ekstra nih". Jangan jadiin omongan mereka sebagai acuan yang bikin lo mikir "Gue ga mampu" and then give up before trying. Kayague dulu, emak gue bilang masuk UI terlalu susah buat gue akhirnya gue ga nyoba ikut ujian masuk UI sama sekali dan everyday I regretted it. "Lebih baik mencoba dan gagal daripada tidak mencoba sama sekali dan berfikir 'sebenarnya aku mampu ga sih?' " itu motto gue.
- Ikut Bimbel. Simple aja sih gue mikirnya karena dengan ikut bimbel, kita jadi tau kemampuan anak-anak lain yang bakal jadi saingan kita masuk univ. Kalo dulu gue ikut bimbel di Nurul Fikri, tau kan? Gue pilih di situ karena motto NF sendiri yang berbunyi "Maju Bersama Allah". Hahaha gadeeeng, gue pilih NF karena disamping murah juga banyak banget testi yang bagus.
- Belajar dari bimbel doang ga cukup, BELAJAR PRIVATE DI RUMAH!! Udah gua bilang kan buat masuk kampus favorite itu penuh perjuangan dan penderitaan. Gue gasuka belajar sama sekali, gue literally jadi sakit kepala kalo suruh belajar dan langsung ngantuk pas baca buku, tapi gue tau saingan gue bakalan anak-anak pinter dari seluruh bumi Indonesia jadi gue gaboleh kalah sama rasa males. Lo harus paham cara belajar yang paling ngaruh buat diri lo sendiri. Gue dulu tiap abis bimbel, gue ngafalin materi-materi gitu paling sejam doang trus dilanjut ngerjain soal-soal yang susahnya kaya bkin gue pening sampe paling maksimal 20an nomer, I didn't want to push myself too hard karena gue tau segala yang berlebihan tidak baik :'). Oh iya, dan ini gatau sugesti apa gemana ya setiap gue nemu soal yang susah dan gabisa gue pecahin, soal itu pasti akan muncul again again and again sampe akhirnya gue geuleuh dan berusaha cari cara buat ngesolve soal tersebut. Jadi kalo kalian nemu soal yang ga bisa, jangan di skip ya, nanti pasti bakal ketemu lagi soalnya :(, HARUS DICARI CARANYA SAMPE BISA!!
- Ketika lo males belajar inget satu hal "Cari kerja sekarang susah, apalagi kalo gua bego"
- Never forget to always berdoa menurut kepercayaan masing-masing. Kalo kata gue sih, dengan berdoa itu kita jadi relax pikiranya karena kita tau apa yang kita lakuin ga akan sia-sia karena sudah kita percayakan sepenuhnya pada Tuhan. Nah, kalau kita udah dapet ketenangan batin kita juga belajar jadi enak karena pikiran jernih. Inget ya, di dunia ini tidak ada yang namanya keberuntungan, yang ada hanyalah hasil dari tawaqal dan usaha keras.
- Belajar (lagi). Dulu gue kerjaanya belajar belajar dan belajar, di kampus gue belajar materi ujian masuk univ, pas waktu senggang mau ganti matkul gue belajar, skip kelas buat belajar, nungguin temen dateng ke rumah gue duduk di teras sambil belajar, di mobil atau angkutan umum gue belajar, dan bahkan ketika gue kongkow di mall sama temen gue belajar (walopun cuma sekedar baca satu atau dua halaman, karena gue paham lah ya ga etis ninggalin orang buat belajar kaya gitu). Ya segitunya pengorbanan gue mengalahkan kebodohan, bahkan gue sering mimpi lagi bimbel atau ujian saking kepikiranya. :')
- Ketika jenuh, berhentilah sesaat. Kadang pas gue bener-bener fed up gue nelfon nyokap atau temen-temen gue sekedar buat curhat aja. Curhat ya bukan mengeluh, karena percaya atau enggak ketika lo mengeluh semuanya jadi berasa makin berat dan itu malah bikin lo depresi, ingat "semakin dirasa semakin diberi" itulah motto gue untuk survive selama ini. Semuanya pasti akan ada ujungnya kok, dan apapun hasilnya itu bukan akhir dari hidup gue. Ketawa bareng temen sambil makan di KFC atau ngopi-ngopi hits ala-ala di Starbucks always fixed my damaged brain.
- Ketika hari H, pastikan semua peralatan tulis dan kartu ujian lengkap. JANGAN TELAT!!! Telat bikin kita ga fokus dan ngejelekin mood :(. Sarapan biar ga kelaperan, minum susu, dan minum air putih yang banyak karena ketika dehidrasi otak gabisa mikir.
- Pas ngerjain usahakan lo tetap tenang, cari soal dari mata pelajaran yang paling lo kuasai dan hajar mereka habis-habisan. Mata pelajaran yang lo ga kuasai entaran aja, karena ketika lo liat soal yang susah dan lo ga bisa, itu akan ngancurin mood lo untuk even baca soal-soal selanjutnya (yang mungkin bakalan gampang). Kalo gue dulu pas SIMAK ya (gue cerita SIMAK aja karena gue gagal SBMPTN), gue kan suka banget Bahasa Inggris dan Sosiologi, jadilah gue hajar mereka habis-habisan. Karena gue cukup bisa menyelesaikan soal-soal tersebut gue jadi PD buat lanjut ke soal lain, setelah itu yang paling akhir gue kerjain sih matematika, gue lemah banget jadi pas ngerjain cuma pake ilmu doa aja.
Nah itu dia tips-tips lulus masuk Universitas Idaman berdasarkan pengalaman gue sendiri. Inget ya, ketika mau daftar masuk universitas kece, kalian semua itu ga ada yang bodoh banget dan pinter banget, semua punya waktu dan kesempatan yang sama. Buktinya? Gue yang bagaikan dedaunan kering di SMA ini ujung-ujungnya juga kuliah satu kampus sama temen-temen gue yang dulu SMA nya anak olim banget. Semua tergantung niat, usaha, doa, dan pengorbanan lo ajasih.
Ketika lo masuk jurusan yang lo harapkan lewat jalur tes, rasanya itu puas banget karena akhirnya penderitaan lo selama ini terbayar :').
Ketika lo masuk jurusan yang lo harapkan lewat jalur tes, rasanya itu puas banget karena akhirnya penderitaan lo selama ini terbayar :').
Okay semoga tips gue bermanfaat ya...
No comments:
Post a Comment